Senin, 13 Desember 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : KELUARGA
Nama Sekolah : SD Negeri .....................
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 3 minggu


I. Standar Kompetensi
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
• Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
• Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
• Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
• Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.

II. Kompetensi Dasar
1. IPS :
• Menceritaan pengalaman
2. IPA :
• Membiasakan hidup sehat.
3. PKN :
• Menerapkan hidup rukun dirumah dan sekolah.
4. Matematika :
• Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
• Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5. Bahasa Indonesia :
• Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
• Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
• Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang
santun.
• Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan
kalimat sendiri
• Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
• Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
• Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
• Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis
dengan benar.
• Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia

III. Indikator
1. IPS :
• Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
• Menceritakan tentang teman main di rumah.
• Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan

2. IPA:
• Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
• Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang .
• Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
teratur agar tubuh sehat dan kuat.
• Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan,
memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

3. PKN :
• Menyebutkan contoh perilaku hidup rukun di lingkungan keluarga.
• Menyebutkan contoh perilaku hidup rukun di lingkungan sekolah.
• Mengidentifikasi perilaku hidup rukun dirumah dan sekolah

4. Matematika :
• Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
• Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
• Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
• Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.


5. Bahasa Indonesia :
• Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
• Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
• Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
• Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
• Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa cara yang santun
• Bercerita berdasarkan gambar.
• Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
• Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
• Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
• Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
• Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
• Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
• Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
 Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
• Menentukan sumber bunyi.
• Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
• Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
• Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan

IV. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
• Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
• Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku hidup rukun dirumah
• Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku hidup rukun disekolah
• Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
• Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
• Siswa dapat mengenal konsep waktu.
• Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
• Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
• Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
• Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
• Siswa dapat mendeskripsikan benda.
• Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
• Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
• Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
• Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.

V. Materi Pokok
• Peristiwa masa kecil
• Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
• Hidup rukun dalam perbedaan.
• Oprasi hitung bilangan.
• Satuan pengukuran.
• Kalimat perintah
• Kalimat sapaan
• Deskripsi benda-benda di sekitar.
• Membaca nyaring.
• Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
• Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.

VI. Pendekatan / Metode
Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
VII. Sumber/alat/ bahan
Sumber :
1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
2. Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
6. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo
7. Buku Pendidikan Kewarganegaraan Depdiknas

Alat/ Bahan :
1. Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3. Kartu huruf
4. Kartu bilangan.
5. Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
6. Rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7. Sampel air bersih dan tidak bersih.





VIII. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Pra kegiatan
• Guru mengkondisikan kelas
• Presensi siswa
• Do’a bersama

b. Apersepsi dan Motivasi
• Siswa dan guru bertanya jawab mengenai NKRI
Anak-anak, apakah kalian bangga menjadi warga negara Indonesia ?
Bagaimana perasaan kalian jika salah satu milik negara kita diambil oleh negara lain?
Bagaimana tindakan kalian jika negara kita terpecah belah?
• Guru merespon jawaban atau opini siswa dan menuliskannya di papan tulis
• Guru memberikan informasi singkat tentang materi yang akan dipelajari, tujuan, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.



2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Siapa sajakah yang bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI?
Bagaimana cara untuk menjaga keutuhan NKRI?

Elaborasi
Siswa diberi kesempatan untuk memperkirakan jawaban dari masalah tersebut. Pendapat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis. Untuk mengetahui benar atau salahnya jawaban siswa, maka siswa diajak melakukan kegiatan.
 siswa dibagi dalam beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 orang.
 setiap siswa di dalam kelompok mendapat nomor yang berisi tentang;
1. menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia.
2. saling menghormati perbedaan.
3. mempertahankan kesamaan dan kebersamaan.
4. menaati peraturan.
 siswa dalam kelompok mengerjakan tugas yang diberi guru sesuai dengan nomor undian yang diperoleh.
 Tiap anggota kelompok saling mendiskusikan materi dan memastikan setiap anggota kelompok memahami seluruh materinya.
 siswa ditunjuk berdasarkan nomor untuk melaporkan hasil diskusi.
 siswa yang lain menanggapi.
 siswa yang lain ditunjuk secara bergantian berdasarkan nomor.
 siswa secara bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi kelas dibimbing oleh guru.
Konfirmasi
- Pada masa penjajahan para pahlawan membela dan menjaga keutuhan Indonesia dengan berjuang.
- Pada masa sekarang mempertahankan kemerdekaan dengan menjaga keutuhan NKRI.
- Menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia. Hal tersebut memang menjadi tanggung jawab negara tetapi sebagai warga negara, kita juga harus turut menjaganya.
2) Saling menghormati perbedaan,Perbedaan yang ada di Indonesia harus disyukuri dan dianggap sebagai anugrah dengan cara menghormati teman yang berbeda agama, suku, bahasa, dan warna kulit.
3) Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan.Bangsa Indonesia memiliki banyak persamaan seperti yang terikrar dalam sumpah pemuda. Kesamaan dan kebersamaan tersebut harus tetap dijaga, diklestarikan, dan dipertahankan.
4) Menaati peraturan menaati peraturan dapat dilakukan dengan car membayar pajak, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta menaati undang-undang dan peraturan yang berlaku di masyarakat

3. Kegiatan Akhir
a. evaluasi dan refleksi
- Evaluasi tes tertulis
- Refleksi diri siswa dan guru
b. tindak lanjut
- Pemberian tugas rumah

IX. Penilaian
Prosedur : tes tertulis, perbuatan
Bentuk tes : isian singkat, unjuk kerja
Instrumen : soal


EVALUASI SOAL
Soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Cara kita menjunjung tanah air Indonesia adalah dengan menjaga........
2. Salah satu arti penting menjaga keutuhan Indonesia adalah untuk menghargai jasa para.......
3. Cara-cara sederhana untuk turut berperan menjaga keutuhan Indonesia adalah dengan ....
4. Cara seorang guru menaati peraturan adalah dengan....... dalam mengajar muridnya.
5. Tindakan yang dapat dilakukan oleh pelajar untuk turut serta menjaga keutuhan Indonesia
adalah dengan rajin....


Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Nama / jenjang Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Materi : Contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
Kelas / Semester : V / 1


Petunjuk umum !
1. Ikuti petunjuk ini agar kalian mudah mengerjakan LKS ini!
2. Selesaikan LKS ini bersama teman sekelompokmu!
3. Tanyakan kepada bapak/ibu guru apabila kalian mengalami kesulitan!

A. Mengamati gambar contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI
Amati gambar-gambar dibawah ini lalu diskusikan bersama teman sekelompokmu!









1. Aktivitas apa yang terjadi pada gambar diatas ?
2. Apakah tindakan pada gambar diatas sudah mencerminkan sikap menjaga keutuhan NKRI ? Berikan alasannya !


Apakah tindakan pada gambar diatas sudah mencerminkan salah satu sikap menjaga keutuhan NKRI ? Berikan alasannya!


Lambang apakah gambar diatas ?

LEMBAR PENGAMATAN KINERJA SISWA

Aspek Psikomotor ( Pengamatan )

Aspek yang diamati : Mengevaluasi keterampilan/unjuk kerja siswa
Hari/Tanggal :
Nama Anggota Kelompok :
1. ...............
2. ..............
3. ..............
4. ..............
5. ..............
6. ..............

NO Unsur yang dinilai Skor Jml
4 3 2 1
1 Kelengkapan Jawaban
2 Melakukan diskusi
3 Keaktifan dalam kelompok
4 Mencatat hasil diskusi
5 Membuat kesimpulan

Keterangan :
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik
Aspek Sikap ( Pengamatan )

Hari/Tanggal :
Kompetensi Dasar : Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
Nama Siswa : .................

NO Komponen Sikap Skor Jml
4 3 2 1
1 Kerja sama
2 Kedisiplinan atau ketepatan menyelesaiakan tugas
3 Keaktifan mengemukakan pendapat
4 Kejujuran
5 Memiliki rasa ingin tahu dan kedisiplinan

Keterangan :
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar